Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Sekolah Sekarang atau Nanti ?



Berbeda dengan beberapa dekade yang lalu, saat ini banyak orang tua yang sudah mengirimkan anaknya ke sekolah sejak usia dini.

Ada yang memilih menyekolahkan anaknya sejak usia 6 bulan, ada pula yang memutuskan untuk menunda hingga usia tertentu. Ada banyak pertimbangan bagi orang tua memutuskan kapan sih sebenarnya saat yang tepat untuk melepaskan si kecil mulai bersekolah.

Dhira Rahman, bunda dari Damar Hakim Lazuardi Rahman 3,5 tahun, mau berbagi dengan Supermoms Indonesia tentang pengalamannya.

Anak saya, Zua sudah "bersekolah" sejak usia 1 tahun 4 bulan, dia siap dan menikmatinya.. Berbeda dengan Zua, Andhika, anak tetangga saya, bahkan belum bisa ditinggalkan dikelas di usia 4 tahun.
Pertimbangan apa yang sebaiknya diambil untuk mulai menyekolahkan si kecil?

- Perhatikan kesiapan anak. Salah satunya adalah anak sudah bisa memahami maksud orang lain, dan bisa menyampaikan maksudnya sendiri. Baik melalui bahasa verbal, maupun bahasa tubuh.
- Kebutuhan anak akan teman dan stimulasi lebih dari yang bisa disajikan dirumah. Bila kedua orang tua bekerja, dan dirumah tidak ada yang mengajari, bersekolah adalah pilihan tepat. Tetapi kembali harus diingat, bersekolah bukan berarti pendidikan anak sepenuhnya dilepaskan pada guru disekolah, orang tua tetap berperan besar dalam pendidikan anak.
-Pilihan sekolah harus menyenangkan dan tidak membebani. Perjalanan anak untuk belajar sangatlah panjang, jangan sampai ditengah perjalanannya anak merasa bosan.

Menurut Dian Ibung S. Psi "ketika anak bersekolah di usia terlalu dini, kematangan intelektualnya seolah dikarbit sehingga yang terjadi adalah kematangan semu."

Berdasar pengalaman saya, menyekolahkan anak diusia dini adalah sesuatu yang tricky, ketika mulai "tercium" kejenuhan, dan Zua mulai malas, saya berhentikan dulu sekolahnya, kembali pada aktifitas belajar dirumah.


Saya juga memilih sekolah yang mengutamakan menyeimbangkan motorik halus dan kasar. Sekolah juga memberi kesempatan anak untuk berkembang secara fisik dan psikis.
Keterlibatan kita sebagai orang tua sangatlah dibutuhkan, tidak ada salahnya kok, sedikit cerewet ketika memilih sekolah. Jalin komunikasi yang baik dengan guru dan kepala sekolah, jadikan feedback mereka sebagai masukan dalam penyempurna pola asuh.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar